Revolver Maps

Hamster

Resource

Label

Entri Populer

Encuesta


ShoutMix chat widget

Datos personales

Foto saya
Selalu menyemangati diri sendiri ^_^ ahiihihihihiihihi

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 12 Juli 2011

Spageti



Makin lama, makin banyak orang Indonesia yang menyukai spageti. Spaghetti biasa dijuluki “mi Italia”. Habis, bentukmya mirip mi, sih. Panjang-panjang kurus.
Dalam bahasa latin, spageti artinya “tali kesil”. Spageti bias dimakanndengan saus kental yang dibuat dari tomat, daging atau seafood, bumbu-bumbu, dan sebagainya serta diberi parutan keju. Spageti bias juga dimakan dengan saus keju campur telur. Kadang-kadang saus spageti diberi pula bola-bila daging cincang.
S pageti masih “bersaudara” dengan fettuccine, lasagna, macaroni dan sebangsanya yang juga banyak pemnggemarnya di Indonesia. Fettuccine mirip mi lebar yang pipih. Penggunaannya sama dengan spageti. Lasagna berupa lembaran-lembaran yang disusun berseling-seling dengan saus keju dan saus tomat berisi daging, lalu dibakar dalam oven. Makaroni ada yang panjang luruus, ada yang pendek agak bengkok. Tengahnya berlubang seperti pipa.
Masih ada lagi yang namanya spaghetti (artinya: spageti kecil), vermicelli (artinya: ulat kecil) dan lebih dari 150 bentuk lain. Ada yang seperti tali, seperti pipa, seperti tabung, yang melintir seperti bukaan botol, yang berbentuk huruf, dan sebagainya. Masing-masing mempunyai nama sendiri-sendiri. Namun, semuanya itu disebut pasta.
Sebenarnya, kata maccheroni dipakai otrang Italia untuk menyebut pasta kering. Pasta, seperti halnya dengan mi, memang ada yang basah dan ada pula yang dikeringkan supaya awet. Di Indonesia kita umumnya memakai pasta kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar